RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
(RPP DARING 01)
Nama Sekolah : SMP Negeri 13 Gorontalo
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Tema : Teks Deskripsi
Kelas/Semester : VII/Ganjil
Tahun Pelajaran : 2020/2021
Alokasi Waktu : 2 x 40 Menit
- Tujuan Pembelajaran
Melalui pembelajaran dari rumah (BDR) dengan metode daring menggunakan aplikasi whatsapp group, Microsoft Teams ,dengan pendekatan saintifik, model Cooperative Learning, serta metode ceramah, dan Tanya jawab peserta didik mampu:
- Memahami pengertian teks deskripsi
- Menentukan cirri umum teks deskripsi dari segi objek, segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar
Dengan tepat dan mandiri, percaya diri, disiplin, tanggung jawab selama proses pembelajaran serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis), proaktif (kreatif), menggunakan media literasi serta selalu memperhatikan protokoler kesehatan.
- Kegiatan Pembelajaran:
- Kegiatan Pendahuluan
- Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dan memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
- Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi yang akan dibahas.
- Menyampaikan motivasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari materi pengertian, dan cirri umum dari teks deskripsi.
- Menjelaskan hal-hal yang akan di pelajari, kompetensi yang akan dicapai serta metode belajar yang akan ditempuh
- Kegiatan Inti
- Guru menerangkan materi dengan menggunakan tayangan pada aplikasi Microsoft 365 (Sway) tentang pengertian, cirri umum, dan pemetaan isi teks deskripsi dan memberikan umpan balik berupa jawaban dan pertanyaan.
- Peserta didik menyimak tayangan pada aplikasi Micrsoft 365 (Sway) tentang pengertian, dan cirri umum teks deskripsi dan memberikan umpan balik berupa jawaban dan pertanyaan.
- Kegiatan Penutup
- Peserta didik membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
- Refleksi kegiatan pembelajaran oleh guru dan peserta didik
- Mengagendakan pekerjaan rumah dan materi yang harus dipelajari pesertadidik pada pertemuan berikut di rumah.
- Menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup
- Penilaian
Sikap | Pengamatan selama pembelajaran daring. Disiplin selama proses pembelajaran serta memiliki sikap responsive (berpikirkritis) dan proaktif (kreatif) |
Pengetahuan | Tes Lisan/kuis (tes soal uraian) |
Keterampilan | Produk |
Gorontalo, Juli 2021
Mengetahui,
Kepala Sekolah Guru Mata Pelajaran
Drs. Hi. Abdul Hamid Taidi, M.Pd Lesmita Husyain, S.Pd
NIP. 196504061992031007
Lembar Instrument Penilaian
- Penilaian Kompetensi Sikap
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Semester : Ganjil
Petunjuk:
- Amati Perkembangan sikap spiritual dan sikap social peserta didik menggunakan instrument jurnal pada setiap pertemuan
- Isi jurnal dengan menuliskan sikap spritual dan social peserta didik yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk peserta didik yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
No. | Waktu | Nama Siswa | CatatanPerilaku | ButirSikap | TandaTangan | TindakLanjut |
2.PenilaianKompetensiPengetahuan
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas : VII
Semester : Ganjil
No. | Indikator Soal | Soal | Skor |
1. | Peserta didik mampu menjelaskan pengertian teks deskripsi | Jelaskan pengertian teks deskripsi | |
2. | Peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri teks deskripsi | Sebutkan ciri-ciri teks deskripsi | |
Jumlah | 100 |
3.Penilaian KompetensiKeterampilan
Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan
No. | Nama Peserta Didik | Kemampuan Bertanya | Kemampuan Menjawab Pertanyaan | Produk dalam google Form |