SEKILAS INFO
: - Minggu, 13-10-2024
  • 4 tahun yang lalu / Pemuktahiran Data Pokok Pendidikan, Sehingga Untuk Setiap Guru Agar memverifikasi Akun Dapodik GTK masing ke Operator Dapodik Sekolah. Diharapkan Menggunakan Email Aktif Pada Saat Aktivasi Akun Dapodik GTK.

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN

(RPP DARING 01)

 

Nama Sekolah           : SMP Negeri 13 Gorontalo

Mata Pelajaran          : Bahasa Indonesia

Tema                             : Teks Deskripsi

Kelas/Semester        : VII/Ganjil

Tahun Pelajaran      : 2020/2021

Alokasi Waktu          : 2 x 40 Menit

 

  1. Tujuan Pembelajaran

Melalui pembelajaran dari rumah (BDR) dengan metode daring menggunakan aplikasi whatsapp group, Microsoft Teams ,dengan pendekatan saintifik, model Cooperative Learning, serta metode ceramah, dan Tanya jawab peserta didik mampu:

  • Memahami pengertian teks deskripsi
  • Menentukan cirri umum teks deskripsi dari segi objek, segi isi dan tujuan komunikasi pada teks yang dibaca/didengar

Dengan tepat dan mandiri, percaya diri, disiplin, tanggung jawab selama proses pembelajaran serta memiliki sikap responsif (berpikir kritis), proaktif (kreatif), menggunakan media literasi serta selalu memperhatikan protokoler kesehatan.

  1. Kegiatan Pembelajaran:
  2. Kegiatan Pendahuluan
  3. Melakukan pembukaan dengan salam pembuka dan berdoa untuk memulai pembelajaran dan memeriksa kehadiran peserta didik sebagai sikap disiplin dalam mengikuti pembelajaran di kelas.
  4. Mengaitkan materi/tema/kegiatan pembelajaran yang akan dilakukan dengan pengalaman peserta didik serta mengajukan pertanyaan untuk mengingat dan menghubungkan dengan materi yang akan dibahas.
  5. Menyampaikan motivasi tentang tujuan dan manfaat mempelajari materi pengertian, dan cirri umum dari teks deskripsi.
  6. Menjelaskan hal-hal yang akan di pelajari, kompetensi yang akan dicapai serta metode belajar yang akan ditempuh
  7. Kegiatan Inti
  8. Guru menerangkan materi dengan menggunakan tayangan pada aplikasi Microsoft 365 (Sway) tentang pengertian, cirri umum, dan pemetaan isi teks deskripsi dan memberikan umpan balik berupa jawaban dan pertanyaan.
  9. Peserta didik menyimak tayangan pada aplikasi Micrsoft 365 (Sway) tentang pengertian, dan cirri umum teks deskripsi dan memberikan umpan balik berupa jawaban dan pertanyaan.
  10. Kegiatan Penutup
  11. Peserta didik membuat resume dengan bimbingan guru tentang point-point penting yang muncul dalam kegiatan pembelajaran yang baru dilakukan
  12. Refleksi kegiatan pembelajaran oleh guru dan peserta didik
  13. Mengagendakan pekerjaan rumah dan materi yang harus dipelajari pesertadidik pada pertemuan berikut di rumah.
  14. Menutup pembelajaran dengan berdoa dan salam penutup

 

 

  1. Penilaian
Sikap Pengamatan selama pembelajaran daring. Disiplin selama proses pembelajaran serta memiliki sikap responsive (berpikirkritis) dan proaktif (kreatif)
Pengetahuan Tes Lisan/kuis (tes soal uraian)
Keterampilan Produk

 

Gorontalo,     Juli 2021

Mengetahui,

Kepala Sekolah                                                                                 Guru Mata Pelajaran

 

Drs. Hi. Abdul Hamid Taidi, M.Pd                                                      Lesmita Husyain, S.Pd

NIP. 196504061992031007

 

 Lembar Instrument Penilaian

  1. Penilaian Kompetensi Sikap

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas                             : VII

Semester                      : Ganjil

Petunjuk:

  1. Amati Perkembangan sikap spiritual dan sikap social peserta didik menggunakan instrument jurnal pada setiap pertemuan
  2. Isi jurnal dengan menuliskan sikap spritual dan social peserta didik yang menonjol, baik yang positif maupun yang negatif. Untuk peserta didik yang pernah memiliki catatan perilaku kurang baik dalam jurnal, apabila telah menunjukkan perilaku (menuju) yang diharapkan perilaku tersebut dituliskan dalam jurnal (meskipun belum menonjol)
No. Waktu Nama Siswa CatatanPerilaku ButirSikap TandaTangan TindakLanjut

 2.PenilaianKompetensiPengetahuan

Mata Pelajaran            : Bahasa Indonesia

Kelas                           : VII

Semester                      : Ganjil

No. Indikator Soal Soal Skor
1. Peserta didik mampu menjelaskan pengertian teks deskripsi Jelaskan pengertian teks deskripsi
2. Peserta didik mampu menyebutkan ciri-ciri teks deskripsi Sebutkan ciri-ciri teks deskripsi
Jumlah 100

 

3.Penilaian KompetensiKeterampilan

Penilaian keterampilan dilakukan guru dengan melihat kemampuan peserta didik dalam presentasi, kemampuan bertanya, menjawab pertanyaan

 

No. Nama Peserta Didik Kemampuan Bertanya Kemampuan Menjawab Pertanyaan Produk dalam google Form

 

Kategori

Lokasi Sekolah

SMP Negeri 13 Gorontalo

 

SMP NEGERI 13 GORONTALO

Jln.Poowo, Kel.Bulotadaa Barat, Kec.Sipatana,  Kota Gorontalo, Provinsi Gorontalo

Telp .

email : admin@smpn13gorontalo.sch.id

website : http://www.smpn13gorontalo.sch.id